Blog Rudi Hartono, Mengulas Seputar Pendidikan, Islam, Wirausaha, Petualangan, Fotografi, Kesehatan, Kuliner, Karya, Sastra, Rudi's Social Responsibility dan Ecoedupreneur

Selasa, 12 Januari 2016

Beda Pendidikan di Palu dan Yogyakarta


Penulis di Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tenggah (Foto Doc Pribadi Rudi Hartono)
Oktober tahun 2013, saya berkesempatan mengunjugi Palu, Sulawesi Tenggah. Disana saya bertemu dengan warga yang menggunakan dialek bahasa khas, ramah dan baik. Saya belum mengetahui jalanan dan rute angkot di kota palu, namun tidak menyurutkan niat saya berkeliling dan melihat aktifitas warga yang dikenal sebagai kota teluk tersebut. Terlihat anak-anak asik bermain di air, ada yang berenang atau memancing. Menengok beberapa Bangunan sekolah dipingiran kota terlihat bagus, sepertinya pendidikan di kota ini layak dan baik serta didukung dengan sarana prasaranan yang menunjang bagi pelajar setempat. Sementara ditepi teluk terlihat nelayan membawa banyak ikan di perahunya, hal ini wajar karena ikan merupakan salah satu komoditas utama yang dihasilkan di daerah ini, tidak aneh jika semua warung makanan menyajikan berbagai olahan berbahan dasar ikan. Komoditas lainya dari kota ini adalah garam dan kelapa.

Pada kesempatan yang lain, bulan April tahun 2014 saya mengunjungi daerah yang berjuluk kota pendidikan, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta. Atmosfernya memang begitu berbeda dari kota Palu ataupun Palembang. Hal ini terlihat jelas saat saya berkeliling di kota ini, pendidikan sudah sangat maju, didukung penuh oleh sarana prasarana, banyak pelajar yang unggul dan berprestasi berasal dari daerah ini. Beberapa pelajar yang saya temui tidak malu untuk berjualan, hal ini dilakukan sebagai hobi, pengisi waktu luang atau membantu keuangan keluarga, namun kegiatan ini tidak menggangu nilai akademik mereka di sekolah. Kota ini juga sangat bersahabat bagi para pendatang, biaya hidup yang terjangkau dan tergolong murah menjadikan Yogyakarta sebagai tujuan utama para pelajar dari seluruh nusantara untuk meneruskan pendidikanya di kota ini. Tak bisa di pungkiri memang Yogyakarta memiliki magnet tersendiri bagi para pelajar untuk mewujudkan cita-cita dan impianya.  

Dikirim ke #MENYAPANEGERIKU
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih Sudah Berkunjung...

Mengejar Dirinya

"Allah SWT Mengizinkan Ku Bertemu Dengannya. Semoga, Suatu Hari Nanti Bisa Bersamanya Selalu. Berpetualang, Berwirausaha, Menulis, Mengabdi, Mendaki dan Menginspirasi untuk Tanah Air Tercinta. Indonesia"

Like Fans Page Facebook